Senin, 29 Juni 2009

Dibalik Novel The Davinci Code???

Tulisan ini hanya sekedar penilaian secara objektif terhadap isi novel tersebut dan tidak bermaksud untuk menyinggung suatu agama. tapi inilah gambaran novel yang menghebohkan dan mengguncang para teolog kristen.

The davinci code yang ditulis oleh Dan Brown merupakan salah satu novel fiksi yang berdasarkan riset penulisnya terhadap sejarah ajaran kristen. meskipun pemutaran film dan penerbitan novel ini mendapat kecaman dari pihak gereja Vatikan namun justru novel ini laris sebagai best seller dunia.

Apa yang menyebabkan pihak gereja paulus begitu heboh terhadap novel ini?ya the davinci code hanya sebuah novel namun, novel ini telah menyengat dan menggoncang kepercayaan dalam tradisi kristen yang telah berumur 2000 tahun. meski hanya sebuah novel tetapi dihadapi serius oleh pihak geraja

kenapa? novelis yang kini menetap di inggris mengklaim bahwa berbagai fakta sejarah seputar yesus, mary magdalena,opus dei,the priori of sion yang dipaparkan dalam novelnya 100 persen benar. “semua deskripsi tentang karya seni,arsitektur ,dokumen dan ritual rahasia yang dipaparkan dalam novel ini adalah akurat,”tulis Brown dalam pembukaan novelnya.

Mengapa novel ini begitu menyengat para teolog kristen? ini tidak lain,karena novel ini memaparkan fakta-fakta baru tentang jesus yang membongkar dasar-dasar kepercayaan kristen,dogma pokok dan paling inti adalah kepercayaan tentang kebangkita yesus.bahwa, menurut mereka,setelah mati disalib ,yesus bangkit pada hari ketiga untuk menebus dosa umat manusia.dalam bible perjanjian baru disebutkan,bahwa saksi pertama kebangkitan yang menyaksikan kubur yesus kosong-adalah seorang bernama Mary Magdalena.

jika dasar ini dibongkar maka runtuhlah agama kristen.

nah the davinci code adalah sebuah novel yang memporak-porandakan dogma tersebut. betapa tidak diceritakan dalam novel ini misalnya sebelum disalib yesus sebenarnya sempat mengawini Mary Magdalena dan mewariskan gerejanya kepada Mary Magdalena ,bukan kepada Sain Peter yang kemudian melanjutkan pendirian Gereja di Roma. bahka bukan hanya kawin,yesus pun punya keturunan dari Mary Magdalena yang -karena takut dikejar-kejar murid-murid yesus melarikan diri ke Prancis.keturunan yesus itu masih ada hingga kini.gereja katolik berusaha memburu para penganut Gereja Mary Magdalena dan membantai keturunan yesus yang dikhawatirkan mengancam kekuasaan gereja Katolik-dan gereja -gereja kristern lainya yang mengakui yesus sebagai Tuhan.

Bukan saja itu melalui The Davinci Code, Brown juga berhasil membangun citra buruk Vatikan dengan nyaris “sempurna” misalnya Paus mendukung aktivitas Opusdei, sebuah kelompok Katolik yang tidak segan-segan melakukan pembunuhan dengan kejam dalam menjalankan misinya.melalui Opus Dei inilah gereja Katolik berusaha merebut bukti-bukti sejarah tentang ‘Gereja Mary Magdalena’.

Doktrin tentang larangan kawin kepada pastor mulai goncang logikanya jika yesus saja kawin dan mewariskan gerejanya kepada wanita maka mengapa pengikutnya dilarang kawin dan melarang wanita menjadi pastor?

Ini lah sekelumit gambaran isi cerita novel The Davinci Code. novel ini disebut sebagai penguncang akidah umat kristen dikarenakan bahwa mana mungkin yesus itu disebut Tuhan,padahal ia menikah dan memiliki keturunan , lalu disebut apa anak keturunan yesus itu ? Maha suci Allah.

Ditulis Oleh : Ridwan Setiyadi // 15.38
Kategori:

 

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.